Burung Merak Raja di Bawah Keranjang



HIKAYAT-HIKAYAT MISTIS
Syaikh Al-Isyraq, Syihabuddin Yahya As-Suhrawardi
 
PENERBIT MIZAN
KHAZANAH ILMU-ILMU ISLAM, September 1992
Jln. Yodkali 16, Telp. 700931 (dua saluran)
Bandung 40124
 
 
Bab 8: Burung Merak Raja di Bawah Keranjang
 
(12)  Seorang  raja  mempunyai  sebuah taman, yang sepanjang
empat musim selalu ditumbuhi tanam-tanaman yang wangi, hijau
subur   dan   menyenangkan.  Air  mengalir  berlimpah-limpah
melaluinya,  dan  segala   macam   burung   bernyanyi   dari
dahan-dahan pohon. Setiap hal yang baik dan indah yang dapat
kita bayangkan terdapat di dalam taman itu.  Dan  di  antara
semuanya itu ada sekelompok burung merak yang cantik.
 
Sekali  waktu sang raja mengambil salah seekor burung merak,
dan memerintahkannya agar ia  dimasukkan  ke  dalam  kantung
kulit  supaya  bulu-bulunya tidak dapat dilihat, sehingga ia
tidak dapat mengagumi keindahannya sendiri dengan  cara  apa
pun.   Dia   juga   memerintahkan   agar  burung  merak  itu
ditempatkan di bawah sebuah keranjang yang  hanya  mempunyai
satu  lubang,  melalui  lubang itu sedikit biji-bijian dapat
dituangkan ke dalamnya untuk makanannya.
 
Lama waktu berlalu.  Burung  merak  itu  lupa  pada  dirinya
sendiri,  sang raja, taman, dan burung-burung merak lainnya.
Ia melihat  pada  dirinya  sendiri.  Burung  tersebut  tidak
melihat  apa-apa  kecuali  kantung  kulit yang kotor itu. Ia
mulai menyukai tempat tinggalnya yang gelap  dan  jelek;  ia
percaya di dalam hatinya bahwa tidak mungkin ada tempat yang
lebih besar dari ruangan di dalam keranjang itu,  sedemikian
rupa  sehingga ia menganggapnya sebagai keyakinan bahwa jika
ada orang menyatakan tentang suatu kehidupan, tempat tinggal
atau   kesempurnaan   di  luar  yang  ia  ketahui,  maka  ia
menganggapnya sebagai kekafiran mutlak, omong  kosong  besar
dan kebodohan yang murni.
 
Sekalipun  demikian,  setiap kali angin segar berhembus, dan
harumnya  bunga-bunga  dan  pepohonan,  violet  (=   sejenis
tumbuhan  yang  bunganya  berbau harum), melati dan tumbuhan
rempah-rempah sampai ke  hidung  burung  itu,  ia  merasakan
kesenangan  yang  mengejutkan  melalui  lubang  itu.  Timbul
kekhawatiran di dalam hatinya. Ia  merasakan  adanya  hasrat
untuk  pergi  dan kerinduan batin, tetapi ia tidak tahu dari
mana kerinduan itu berasal,  sebab,  kecuali  kantung  kulit
itu,  ia  tidak  mengetahui  apa-apa;  selain keranjang itu,
tidak ada dunia lain;  selain  biji-bijian  itu,  tidak  ada
makanan   lain.   Ia   telah   melupakan   semuanya.  Ketika
sekali-sekali  ia  mendengar   suara   burung-burung   merak
bernyanyi,  dan  burung-burung  lain  berlagu, kerinduan dan
hasratnya  timbul;  tetapi  ia   tidak   terbangunkan   oleh
suara-suara burung-burung itu atau hembusan angin. Pernah ia
bergairah memikirkan sarangnya.
Angin sepoi-sepoi bertiup menyentuhku
dan hampir mengucapkan kata-kata,
'aku adalah kurir untukmu dari kekasihmu.'
(13)  Lama  sekali ia memikirkan apa sesungguhnya angin yang
harum itu, dan  darimanakah  bunyi-bunyian  yang  indah  itu
datang.
Wahai kilat yang menyambar,
dari perlindungan siapa engkau muncul?
Tetapi ia tidak sadar-sadar juga,  meskipun  sepanjang  masa
itu kesenangan tetap tinggal di hatinya.
Ah, kalau saja Laila sekali saja
mengirimkan salam karunianya, meskipun
diantara kami terbentang debu dan bebatuan besar.
 
Salam kegembiraanku akan merupakan jawabnya,
atau akan menjeritlah kepadanya si burung hantu,
burung sakit yang memekik di tengah keremangan
kuburan.
 
Burung  merak itu bodoh, karena ia telah lupa kepada dirinya
dan juga tanah airnya.
... janganlah hendaknya kamu bertingkah seperti
orang yang melupakan Allah, yang  mengakibatkan
Allah membuat mereka lupa diri pula. (QS 59:19)
 
Setiap kali hembusan  angin  atau  suara-suara  datang  dari
taman,  timbul  hasrat  dalam  diri  si  burung  merak tanpa
mengetahui mengapa demikian.
 
Kedua baris ini adalah karya seorang penyair:
 
Kilat Ma'arra bergerak di tengah malam, ia
melewati malam di Rama yang melukiskan
kebosanannya.
 
Ia benar-benar menyedihkan para penunggang,
kuda-kudanya, unta-unta, dan terus bertambah
menyedihkan, hingga ia hampir menyedihkan
pelana-pelana  
            
catatan: baris-baris ini berasal
dari Al-Ma'arri, Siqth al-Zand. hal. 51).
 
(14) Ia tetap  kebingungan  selama  beberapa  waktu,  sampai
suatu   hari   sang   raja  memerintahkan  agar  burung  itu
dilepaskan dari keranjang dan kantung kulitnya untuk  dibawa
menghadapnya.
 
Peristiwa kebangkitan itu terjadi hanya dengan
satu kali tiupan sangkakala saja. (QS 37:19)
 
Apakah dia tidak mengetahui, apabila nanti sudah
dibangkitkan segala isi kubur? Dan telah
terungkap segala isi kalbu? Sesungguhnya Tuhan
mereka pada hari itu maha mengetahui
keadaannya. (QS 100:9-11)
 
Ketika  burung  keluar  dari  penutupnya,  burung  merak itu
melihat  dirinya  berada  di  tengah-tengah  taman.   Ketika
memandang  bulu-bulunya  sendiri,  dan melihat taman beserta
aneka  ragam  bunganya,  atmosfir  dunia,  kesempatan  untuk
berjalan  kesana-kemari  dan  terbang  tinggi,  serta  semua
suara, irama, bentuk dan berbagai benda yang ada, ia berdiri
mendesah  seakan-akan  tak sadarkan diri (ejakulasi teofanik
'syath' yang terkenal dari Husayn ibn Manshur Al-Hallaj).
 
Wahai, sungguh aku menyesali kelalaianku dalam
memenuhi kewajiban kepada Allah. (QS 39.56)
 
Lalu Kami singkapkan tabir yang menutupi
matamu, maka pandanganmu menjadi lepas jelas. (QS
50:22)
 
Mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan,
padahal ketika itu kamu melihat orang yang
sedang melepaskan nyawanya itu, sedangkan Kami
lebih dekat lagi kepadanya daripada kamu,
namun kamu tidak melihat? (QS 56:83-85)
 
Jangan berbuat begitu, kelak kamu akan tahu
akibatnya. Sekali lagi, jangan berbuat begitu,
kelak kamu akan tahu juga akibatnya. (QS
102:3-4)
0 Responses